Rabu, 12 Juni 2013

Mendaki Gunung Sindoro via Jalur Kledung

Perjalanan di mulai dari jogja berangkat menggunakan motor. menempuh perjalanan jogja-magelang-temanggung-wonosobo Sekitar 4 jam akhirnya sampai di basecamp kledung. Letak basecamp sangat strategis dan mudah di temukan, di dekat nya ada pom bensin dan alf*mart. Jika menggunakan bus, bisa naik jurusan jogja-magelang lanjut magelang-wonosobo. Letak basecamp masuk 200meter dari jalan raya antara temanggung-wonosobo.

jalan raya temanggung-wonosobo

Setelah menunggu hujan badai, akhirnya Pukul 5.30 sore memulai pendakian, jalan dari basecamp menuju pos 1/pos ojek tepatnya(ketinggian 1600mdpl) berupa ladang sepanjang 2 kilometer, tersedia ojek motor yang bisa mengantarkan sampai pos 1. Biaya 15000 kalau naik, kalau turun 10000.
ladang penduduk
 Jalur pos 1 ke pos 2 masih berupa ladang lama ditempuh sekitar 1jam, disarankan sebelum sampai pos 2 ambil jalur kanan yang agak turun melewati lembah, jika ambil jalur kiri adalah jalur buntu. Setelah sampai pos 2 (ketinggian 2120mdpl) dilanjutkan menuju pos 3 berupa semak belukar. Perjalanan mulai menanjak dan dapat ditempuh sekitar 2jam.

pos 2
Pos 3 merupakan setengah perjalanan pendakian gunung sindoro, dimana pendaki bisa membuat camp disitu. (Ketinggian 2530mdpl) perjalanan pos 3 menuju pos 4 atau batu tatah berupa hutan lamtoro, jalur mulai menanjak, jika mau camp di pos 4 ke atas disarankan berhati hati karena angin sangat kencang, mengingat tidak ada tanaman pelindung. Perjalanan dari pos 3 ke puncak adalah perjalanan yang paling berat, dimana jalurnya sangat menanjak dan terdapat puncak puncak bayangan yang akan terasa menyebalkan bagi pendaki. sampai di puncak gunung sindoro (ketinggian 3153mdpl) pendaki dapat mengitari kawah yang terdapat alun-alun puncak sindoro. Dihimbau pendaki tidak turun ke lubang kawah mati karena jalannya licin dan gas beracun yang membahayakan.